Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Talotika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Logaritma Siswa Kelas X MIA SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar

Suryani Sirait

Abstract


Matematika merupakan ilmu abstrak mengenai ruang dan bilangan menjadikan siswa dan guru dalam menguasai materi pembelajaran. Akibatnya kualitas belajar yang dicapai oleh siswa menjadi rendah dan tidak merata. Dengan adanya peran alat peraga, maka keabstrakan dalam matematika dapat diatasi dan siswa mampu menanamkan serta memahami konsep-konsep yang terkandung di dalamnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan alat peraga talotika (tangga logaritma matematika) terhadap kemampuan pemahaman konsep logaritma siswa kelas X MIA SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbentuk quasi eksperimental dengan desain non-equivalen control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar T.A 2022/2023 sebanyak 147 siswa dengan sampel sebanyak 74 yakni Kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep logaritma siswa sebanyak 5 butir soal uraian. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep logaritma siswa yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga talotika sebesar 71,27 sedangkan nilai rata-rata yang diajarkan dengan tanpa penggunaan alat peraga 64,74. Kemampuan pemahaman konsep logaritma siswa yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga talotika lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa alat peraga talotika (thitung 1,81> ttabel 1,67, dengan taraf signifikansi 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara alat peraga talotika terhadap kemampuan pemahaman konsep logaritma siswa kelas X MIA SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar T.A 2022/2023.


Full Text:

PDF

References


Agus & Dyah. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi Kedua. Yogyakarta: Gava Media.

Ali Hamzah & Muhlisarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Annisah, Siti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika, (Online), Vol.11 No.1. (10 Agustus 2022).

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyanti Dan Mudjiono. 2017. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Erlangga, Yugha Dan Tim Esensi. 2018. Cara Inovatifku Mengajar. Jakarta: Erlangga.

Ery, Hermawan. 2014. Mengolah Data Statistik Hasil Penelitian Menggunakan Spss. Bandung: Andi Offset.

Kusrini. 2014. Strategi Pembelajaran Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Lestari, Eka, Karunia. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Murdiyanato, Tri., Mahatma,Yudi. 2014. Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar, (Online), Vol.11 No.1, (Https://Jurnal.Dharmawangsa.Ac.Id, Diakases 11 Agustus 2022)

Nasaruddin. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, (Online), Vol.Iii Edisi 2, (Http://Ejournal.Iainpalopo.Ac.Id/Index.Php/Al-Khwarizmi/Article/Download/232/198, Diakses 11 Agustus 2022).

Nasution. 2015. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Novitasari, Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, (Online), Vol. 2 No. 2 (Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Fbc/Article/Download/1650/1402, Diakses 10 Agustus 2022)

Rukoyyah, Siti., Murni, Sukma., Linda. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pesiliensi Matematika Dengan Vba Microsoft Excel. Purwakarta: Cv. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& G. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&G. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2016. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.