Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Indeks Card Match Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Papan Statistika Di Kelas VIII MTsN 1 Bireuen

Hayatun Nufus, ERNA ISFAYANI, FAJRIANA FAJRIANA, AKLIMAWATI AKLIMAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Index Card Match dengan berbantuan media alat peraga papan statistika lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan berbantuan media alat peraga papan statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Bireuen, sedangkan yang menjadi sampel yaitu siswa kelas VIII/2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan VIII/5 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap kedua kelas.Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan software SPSS 25. Karena salah satu data berdistribusi tidak normal, maka data diolah menggunakanuji non parametric (mann whitney u). Sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil rata-rata skor N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,06 dan pada kelas kontrol yaitu 0,02. Sehingga dapat disimpulkan bahwapeningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran tipe Index Card Match dengan berbantuan media alat peraga papan statistika lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional dengan berbantuan media alat peraga papan statistika di kelas VIII MTsN 1 Bireuen.


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. A., 2019. Pendayaguna Alat Peraga dalam Menunjang Minat Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri Purbaya 02 Tahun ajaran 2018/2019. Surakarta: Universitas Muhammadiyah. (Skripsi)

Bima, A. F., & Widodo, W., 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol. 8 (1): 26-31.

Cahaya, P., & Hasanah, U. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Card Sort pada Materi Organisasi Kehidupan. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 4 (2): 114-121.

Hariyanto., 2017. Penerapan Model CORE dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematk Siswa. Jurnal Gemmath. Vol. 2 (1): 11-19.

Iriantara, Y., 2014. Komunikasi Pembelajaran: Interaksi Komunikatif Dan Edukatif Di Dalam Kelas. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Safitri, A., Wahyu, R., & Husnidar., 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Papan Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 28(10): 44-49

Kemendikbud., 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Sanjaya, W., 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Situmorang, R., 2016. Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP N 4 Percut Sei Tuan T.A. 2015/2016. Jurnal Suluh Pendidikan. Vol. 3 Edisi-2, September 2016: 191-202

Sugiyono., 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.