Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Penalaran Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Negeri 9 Pematangsiantar

Diana Theresia Saragih

Abstract


Beberapa model pembelajaran matematika yang kerap digunakan oleh guru tidak mendukung perkembangan kemampuan penalaran matematis siswa padahal kemampuan matematis siswa menjadi salah satu syarat mutlak yang harus di miliki oleh siswa. Namun kenyataan yang di ditemukan dilapangan memberi gambaran bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pematangsiantar belum berkembang optimal sehingga mereka kerap menemukan kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang layak digunakan untuk menunjang kemampuan tersebut adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penalaran Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan menggunakan Pretest-Postest Control Grup Design. Sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian = 8,454 dari hasil tersebut peneliti memperoleh hasil bahwa > yaitu 8,454 > 2,663. Maka dapat disimpulakn di tolak diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan penalaran matematis siswa. Hal ini juga membuktikan bahwa dengan model pembelajaran PBL guru dapat menentukan masalah yang tepat sehingga menstimulus suasana diskusi yang baik, menstimulus perkembangan intelektual siswa, membantu dalam investigasi mandiri dan kelompok, menggali pemahaman lebih mendalam serta mendukung inisiatif siswa dalam memecahkan masalah yang diberikan dibandingkan dengan siswa yang di ajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Penalaran Matematis Siswa


Full Text:

PDF

References


Aulia Rahman, Arief. 2018. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Syiah Kuala University Press, Banda Aceh.

Wiyanti, W., & Leonard, L. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.

Syamsidah, Dan Hamidah Suryani. 2018. Buku Model Problem Based Learning (Pbl). Deepublish, Yogyakarta.

Zaduqisti, E. (2010). Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Dan Motivasi Berprestasi). In Forum Tarbiyah (Vol. 8, No. 2).

Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167-174.

Roesdiana, L. (2016). Pembelajaran Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(2).

Aeni, E. E. Z., Nurfahriani, I., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 531-538.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, Pp. 588-595).

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Napitupulu, E. E., Suryadi, D., & Kusumah, Y. S. (2016). Cultivating Upper Secondary Students' Mathematical Reasoning-Ability And Attitude Towards Mathematics Through Problem-Based Learning. Journal On Mathematics Education, 7(2), 117-128.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.