Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Purba

Obi Oki Sembiring

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Purba. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dan pengambilan sampel secara simple random sampling dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VIII-1) dan kelas kontrol (VIII- 2). Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisa data ini menggunakan Uji-t dengan bantuan software SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil hitungan pada kemampuan literasi matematis siswa menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan kemampuan literasi mempunyai nilai  rata-rata 75,33 dan pada kelas kontrol kemampuan literasi  mempunyai nilai rata-rata 68,4. Dengan memperhatikan nilai (sig.) 0,000 < 0,05   yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap Kemampuan Literasi Matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 4 Satuatap Purba. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan literasi matematis siswa antar kelas dapat disimpulkan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) memberi pengaruh lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 4 Satuatap Purba.


Full Text:

PDF

References


Fidayanti, M., Shodiqin, A., & Suyitno, Y. P. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88-96.

Pamungkas, A. S., & Yuhana, Y. (2016). Pengembangan bahan ajar untuk peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa calon guru matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2).

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., Sumarmo, U,. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama

Ramadhani, Elfi. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat Mahasiswa dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering,

Mathematics). Seminar Nasional Pendidikan Matematika, (1), 129-140.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.