Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Matriks SMK Swasta HKBP Pematangsiantar

Jelita Lestari Silitonga

Abstract


Banyak proses pembelajaran yang dilakukan guru tidak menggunakan teknik pembelajaran dan media pembelajaran yang baik sehingga menimbulkan kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa ketika proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada materi matriks SMK Swasta HKBP Pematangsiantar T.A 2022/2023.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diperikan perlakuan penggunaan model pembelajaran STAD dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil dari pengujian hipotesis penelitian ini adalah hasil analisis data dengan uji normalitas, dimana uji normalitas diperoleh nilai hasil posttest kelas eksperimen dengan diperoleh lhitung = 0,137 < ltabel = 0,167 sedangkan hasil nilai posttest kelas kontrol diperoleh hasil lhitung = 0,123 < ltabel = 0,161. Maka dapat disimpulkan bahwa uji normalitas untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol uji normalitas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh nilai posttest eksperimen dan kontrol dengan hasil fhitung =1,214 < ftabel = 1,866 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya pengaruh yang signifikan. Maka dari penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa fhitung < ftabel dengan H0 ditolak dan Ha yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMK Swasta HKBP Pematangsiantar.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis


Full Text:

PDF

References


Cysarah, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 7 Palembang. 3(2), 52–64.

Darmadi, H. (2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn): Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila Dan Karakter Bangsa. An1mage.

Ermin, & Marsaoly, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Multietnis Di Smp Negeri Kota Ternate. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5781366

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Sets Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i3.417

Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).

Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal Of Elementary Education, 3(3), 344. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i3.19450

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli. In 2020 (P. 77).

Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Putri, A., Program, M., Magister, S., Matematika, P., & Riau, U. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. 2, 793–801.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning (Teori, Riset Dan Praktik). Penerbit Nusa Media.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.