Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar

Destarida Veronika Rumahorbo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Pelajaran Matematika Dikelas VII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran matematika realistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesisBerdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh thitung dan ttabel dengan taraf signifikan 0,01. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian ini yaitu 4, 086 > 2,392. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekakatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa karena dengan pembelajaran matematika realistik siswa diarahkan pada masalah kontekstual yang diambil dari dunia nyara membuat siswa tidak mudah lupa dengan penyelesaian sebuah masalah karena siswa diajarkan untuk berpikir kreatif tidak hanya sekedar mengingatBerdasarkan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada kelompok eksperimen yang lebih besar dari kelompok kontrol. Sehingga Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik sangat cocok digunakan pada materi pembelajaran bilangan bulat. Pembelajaran Matematika realistik memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Swasta Trisakti Pematangsiantar T.A 2022/2023. Kelas Eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 29,6 > 22,4 yaitu adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi bilangan bulat.
Kata kunci : Pembelajaran Matematika Realistik, Berpikir Kreatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.