Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV UPTD SD Negeri 124405 Pematang Siantar

Fitri Novita Sirait

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurang optimalnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV UPTD SD Negeri 124405 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif yang dilaksakanan di UPTD SD Negeri 124405 Pematang Siantar, dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Serta tehnik analisis datanya menggunakan normalitas, homogenitas, dan uji t. Pengujian Hipotesis dengan taraf signifikansi 5%.
Analisis pada tahap awal menunjukkan populasi berdistribusi normal, memiliki varians sama, dan memiliki hasil belajar yang belum optimal. Saat diberikan pre test diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 50,00 dan 36,18, setelah diberikan perlakuan kemudian dilakukan post test, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 91,58 dan 52,06. Sehingga terdapat peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 41,58 dan kelas kontrol sebesar 15,88.Dari hasil hipotesis diperoleh hasil ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Media Pembelajaran Puzzle (X) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Y) Matematika siwa kelas IV UPTD SD Negeri 124405 Pematang Siantar T.A 2022/2023 dengan nilai thitung>ttabel (12,191 > 2,032) dan nilai Sig (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa media pembeljaaran puzzle berpengaruh secara positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV UPTD SD Negeri 124405 Pematang Siantar T.A 2022/2023.
Kata Kunci : Media Puzzle Pecahan, Hasil Belajar, Matematika


Full Text:

PDF

References


Afra, Y., Rahmawati, P., & Widya, A. F. 2020. Pengaruh Media Papan Puzzle Terhadap Pemahaman Konseptual Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, (Vol. 8, Issue 2, Pp. 74–86). Http://Www.Jurnalstkipmelawi.Ac.Id/Index.Php/JPD/Article/View/205

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arofah. 2017. Pengaruh Media Puzzle Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sdn 01 Bedagas Kabupaten Purbalingga. 1670–1680. Http://Prosiding.Upgris.Ac.Id/Index.Php/SD2017/Pgsd20172/Paper/View/2260

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Perss.

Ayu, Shinta. 2014. Segudang Game Edukatif Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Bahar, & Risnawati. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 9(4), 77-86. Http://Ojs.Unm.Ac.Id/Index.Php/Pubpend.

Djamarah Dan Zain, A. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Londa, A. H., Mete, Y. Y., & Sadipun, B. 2018. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA. Journal Of Elementary School (JOES), 1(2), 113–120. Https://Doi.Org/10.31539/Joes.V1i2.359.

Marzalena, H., Vitoria, L., & Yamin, M. 2019. Pengaruh Permainan Puzzle Pecahaan Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Campuran Di Kelas V SDN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). Http://Www.Jim.Unsyiah.Ac.Id/Pgsd/Article/View/13311

Nikmah, A. K. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Sumber Energi (Puber Egi) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Krian 3 Sidoarjo. Jurnal Penelitian [1 [12] [12] Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(8). Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/39/Article/View/24199

Nurpratiwiningsih, L., & Setiyoko, D. T. 2018. Development Of Education Games Map Material As A Learning Media For Elementary School Students. Journal Of Primary Education, 7(3), 249-257. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jpe/Article/View/26251

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006

Purwanto. 2021. Evaluasi Hasil Belajara. Jakarta: Pustaka Belajar.

Rahayu, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Gambar Terhadap Minat Dan Hasil Belajar.IPA-BIOLOGI SMP Universitas Muhammadiyah Surakarta.Publikasi Ilmiah Surakarta.Http://Eprints.Ums.Ac.Id/Id/Eprint/43125

Slameto.2020. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sucahyo, D. 2013. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Sains FMIPA UNESA, 1(2), 1–10.Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/249673-Penggunaan-Media-Puzzle-Untuk-Meningkata-Ebe68266.Pdf

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sundayana, H.R. 2016. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Syuja, F.R. 2013. Artikel Ilmiah Inovasi Pembelajaran IPS Di SD.Https://Pgsd4c.Wordpress.Com/2013/06/18/Firda-Rabbani-Syuja/

Thesalonika, E., Sinaga, M. I., & Arent, E. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Konsep Dasar IPS Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Mahasiswa PGSD. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 1(2),137-146. Https://Www.Bajangjournal.Com/Index.Php/JIRK/Article/View/94

Tilong, Adi D., 2016.49 Aktivitas Pendokrak Kinerja Otak Kanan& Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Bab 2 Pasal 3 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional

Winanti, S. 2014. Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD. Jurnal Teknologi Pendidikan. Https://Www.E-Jurnal.Com/2017/03/Pengembangan-Media-Puzzle-Rantai.Html

Yunita, S., Dan Supriatna, U. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999–2006. Https://Jurnal.Syntax-Idea.Co.Id/Index.Php/Syntax-Idea/Index




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.