Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Pematangsiantar

Ervina Intan Silalahi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 10 Pematangsiantar. Yang disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan disekolah tersebut, dengan sistem pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang membuat siswa kurang aktif saat pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran flipped classroom untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pematangsiantar yang terdiri dari 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII sebanyak 7 kelas di SMP Negeri 10 Pematangsiantar sebanyak 222 siswa. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pre-test dan post-test.
Hasil penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Hasil uji liliefors yaitu data hasil belajar berdistribusi normal, untuk kelas eksperimen memiliki sig.0,200 > 0,01, sedangkan kelas kontrol memiliki sig.0,200 > 0,01 juga berdistribusi normal. Diketahui nilai signifikansi (sig.) Based on mean adalah sebesar 0,351 > 0,01, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data post-test kelas eksperimen dan data post-test kelas kontrol adalah tidak sama atau homogen. Dengan demikian nilai Uji-T sig.(2-tailed) sebesar 0,000 > 0,01 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Karena sebelum proses pembelajaran dikelas, sebelumnya siswa telah mempelajari materi yang dibagikan guru digrup whatsapp untuk dipelajari dirumah. Sehingga pada pembelajaran di sekolah guru hanya mengulang sekilas materi dan selanjutnya lebih banyak waktu siswa membahas soal latihan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah.

Kata kunci : Model Flipped Classroom, Kemampuan pemecahan masalah matematis

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.