Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar

Yenty Septiany Sitinjak

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 1 Bandar. Hal ini disebabkan oleh model yang digunakan oleh guru masih belum bervariasi dimana guru hanya menjelaskan dan siswa hanya mencatat tanpa melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawuntuk mengetahui pengaruhnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar yang terdiri dari 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 5 kelas di SMP Negeri 1 Bandar sebanyak 154 siswa. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test pre test dan post test. Hasil penelitian untuk mengetahui sebesar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar T.A 2022/2023.Hasil uji liliefrs yaitu data hasil belajar berdistribusi normal, untuk kelas eksperimen memiliki sig 0,200> 0,01, sedangkan kelas kontrol memilki sig 0,200 > 0,01 juga berdistribusi normal. Diketahui nilai signifikan (sig) Based on mean adalah sebesar 0,145 > 0,01, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data post-test kelas eksperimen dan data post-test kelas kontrol adalah tidak sama atau heterogen. Dengan demikian nilai Uji- T sig (2- Tailed) sebesar 0,000 < 0,01 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.