Pengembangan Media Pembelajaran Bilangan Bulat Berbasis Android pada Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar guru sudah mulai mengintegrasikan teknologi kedalam proses pembelajaran namun masih perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi masalah tersebut guru perlu berinovasi dalam  mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan penelitian model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, angket, dan tes untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran berbasis android berdasarkan hasil analisis dan validasi oleh ahli materi dengan nilai 53,79 % berada pada pada kategori valid, validasi oleh ahli media dengan nilai 57,93% berada pada pada kategori valid, validasi oleh ahli bahasa dengan nilai 15,86% berada pada pada kategori valid. praktikalitas media pembelajaran berbasis android memiliki nilai 80.00% dengan kategori sangat praktis,dan efektivitas media pembelajan berbasis android memiliki nilai 81.64% dengan kategori sangat tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R & Suratman, A (2020) Media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Analisa 7 (1) (2021) PP 56-65.
Bahçivan, Eralp. (2017). Implementing Microteaching Lesson Study with a Group of Preservice Science Teachers: An Encouraging Attempt of Action Research. International Online Journal of Educational Sciences, 9 (3), 591 – 602.
Bani, M & Masruddin (2020) Development Of An Android-Based Harmonic Oscillation Pocket Book For Senior High School Students. Journal of Technology and Science Education, pp 93-103.
Celikoz, Nadir dan Polat Erdogan. (2017). The Investigation of Preparatory School Students’ Attitudes towards Learning Management System. International Online Journal of Educational Sciences, 2017, 9 (1), 243 – 261.
Gay, L.R., dkk. (2009). Educational Research: Comprehencies for Analysis and Application. New Jersey: Pearson.
Purnami, A.S, & dkk (2020) Android-based shopping skill for mentally-disable student. Journal of Education and Learning (EduLearn) Vol. 14, No. 3, pp. 411-415.
Mukhtar, S & Putri, K.Y.S (2021) Technology Integrated on Media Literacy in Economic Studies on Higher Education. Journal of Social Studies Education Research, pp, 95-123.
Muhson, A (2010) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi , Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2.
Saritas, M Tuncay, et al. (2015). Examining the Attitudes and Intention to Use Synchronous Distance Learning Technology among Pre-service Teachers: A Qualitative Perspective of Technology Acceptance Model. American Journal of Educational Research, 2015, Vol. 3, No. 10A, 17-25, (Online) (http://pubs.sciepub.com/education/3/10A/3).
Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Widianto, E & dkk (2021) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Journal of Education and Teaching. Vol 2, No 2. 2021.
Zulfiani, Z dkk (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol 15, No. 2, pp 156-178.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.