Penerapan Model Elaborasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat di Kelas X SMK Swasta SMK Nusantara Siborong Borong Tahun Ajaran 2021/2022

Herlina Simangunsong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Bilangan Berpangkat di kelas X SMK Swasta Nusantara Siborongborong Tahun Ajaran 2021/2022. Sebelum diberikan tindakan pada siklus I, siswa belum ada yang tuntas belajar pada tes awal dengan nilai rata – rata (59,10). Setelah diberikan tindakan Siklus I menggunakan model pembelajaran Model Elaborasi , siswa yang tuntas belajar berjumlah 22 orang ( 78,57 %) dari 28 orang siswa dengan nilai rata – rata (67,85). Kemudian setelah pemberian tindakan II pada Siklus II , diperoleh siswa yang tuntas belajar berjumlah 28 orang (69,39 %) dari 28 orang siswa dengan nilai rata – rata (78,53). Ini berarti siswa yang tuntas belajar bertambah dari Siklus I ke Siklus II. Dari hasil observasi dapat dilihat bahwa pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian ini menjelaskan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarakan dengan model pembelajaran Model Elaborasi.


Full Text:

PDF

References


Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta

Degeng. 1997.Strategi Pembelajaran Mengorganisasikan dengan Model Elaborasi. IKIP: Malang.

Eman Suheman. 1999. Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Herman Hudojo. 2007. Strategi Mengajar Belajar Matematika. IKIP: Malang.

Igak Wardhani, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nana Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain .2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.