Peningkatan Literasi Numerik melalui Model Group Investigation pada Siswa Kelas V SD

Rosmita Sari Siregar

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa kelas V  SD dengan hasil literasi numerik  belum optimal dan pembelajaran masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Literasi numerik  matematika melalui model pembelajaran group investigation. Matematika tidak hanya fokus pada peningkatan kemampuan berhitung, Karena kenyataannya kemampuan berhitung tidak cukup untuk menghadapi masalah kehidupan sehari-hari. Tuntutan kemampuan siswa dalam menguasai matematika diantaranya adalah kemampuan untuk menggunakan angka, simbol matematika dan keterampilan operasi hitung. Kemampuan tersebut berhubungan dengan literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada mata pelajaran matematika melalui metode group investigation pada siswa kelas V SDN 101881 TM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan mengambil Subjek penelitian sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian penunjukkan bahawa metode group investigationdapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas V. Peningkatan kemampuan literasi numerasi telah memenuhi kriteria ditunjukkan dengan hasil tes kemampuan literasi numerasi mengalami peningkatan dari sebelum tindakan 42,15% dengan kategori tidak sesuai, siklus I 58,63% dengan kategori tidak sesuai, siklus II 78,5% dengan kategori sesuai. Dalam kegiatan belajar mengajar guru diharapkan menjadikan metode terebut sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran matematika maupun pelajaran lainnya untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan literasi numerasi siswa dan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan suatu referensi bagi peneliti lainnya.


Full Text:

PDF

References


M. Ulfa, "Peningkatan Literasi Menulis Puisi Melalui Metode Contextual Teaching And Learning," SNHRP, vol. 3, no. 1, pp. 284-293., 2021.

R Puspasari, "Implementasi project based learning untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa dalam pembuatan alat peraga matematika inovatif," Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 51-58, 2018.

A. S., Mulyati, S., & Chandra, T. D Safitri, "Kemampuan number sense siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII pada materi bilangan.," Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai ISlami, vol. 1, no. 1, pp. 270-277, 2017.

T. Penyusun, Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan., 2017.

P. P., & Vioreza, N. Utami, "Teacher Work Productivity in Senior High School.," International Journal of Instruction., vol. 14, no. 1, pp. 599-614, 2020.

P. G. N.,Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C Putra, "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap penguasaan konsep IPA," Jurnal Pedagogi dan pembelajaran, vol. 1, no. 2, 2018.

M. Sai, "Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Internet terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Digital Literasi Siswa. ," Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, vol. 4, no. 1, pp. 39-54, 2017.

N. K. R., & Sumantri, M Widiasari, "Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA," Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, , vol. 4, no. 2, p. 143, 2020.

I., & Mawardi Supriyanto, "Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 524-532, 2020.

A Parnawi, Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Bandung: Deepublish, 2020.

H. Wijaya, Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik.: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.

L., Mustangin, M., & Nursit, I Fitria, "Pemahaman Konsep Matematika dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Menggunakan Model Student Facilitator and Explaining dengan Metode Peer Teaching.," Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 105-111, 2019.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.