Analisa Pengaruh Perbedaan Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa

Zulaini Masruro Nasution, Ika Okta Kirana, Fitri Anggraini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa waktu belajar dengan hasil belajar Matematika diskrit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan survey expose facto. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar. Sampel yang digunakan adalah 75 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelompok belajar  yaitu mahasiswa sesi pagi yang terdiri dari 40 mahasiswa dan mahasiswa sesi siang yang terdiri dari 35 mahasiswa semester 6 TA 2021-2022. Pengumpulan data menggunakan hasil belajar mahasiswa (Nilai UAS) pada mata kuliah matematika diskrit.Analisisi data menggunakan analisis regresi sederhana berbantu software SPSS 25.  Hasil analisa yaitu nilai signifikan 0,542 lebih besar dari 0,05. Nilai signifikansi sebesar 0,542 merujuk pada cara pengambilan keputusan berdasarkan nilai signifikansi yaitu 0,542 > 0,05 maka, waktu belajar tidak memiliki pengaruh terhadap variabel terikat yaitu hasil belajarmatematika diskrit mahasiswa semester 6 TA. 2021-2022 prodi Sistem Informasi STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar.

Full Text:

PDF

References


Dimyati., dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Muflihah, Ai., (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia : Vol.2 No.1. hlm 152-160.

Wahyuningsih, Baiq Yuni., & Sunni, M. Abdurrahman. (2020) Efektifitas Penggunaan Otak Kanan dan Otak Kiri Terhadapa Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program STudi Sistem Informasi STMIK Mataram). PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Volume 8, Nomor 2, November 2020 hlm 351-368.

Lestari, Indah. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Volume 3 No. 2, Hlm 10-19

Kirana, Ika Okta. (2019) Pengaruh Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Statistika Mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar.Prosiding Seminar Nasional Disiplin Ilmu Universitas Asahan ke-3 tahun 2019. Hlm. 347-355

Saragih, Sahat. (2015). Aplikasi SPSS Dalam Statistik Penelitian Pendidikan.Medan : Perdana Publishing.

Kadir. (2015). Statistika Terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.