Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis React

Nurmauliddina Suji, Sinta Dea Anggraini, Cut Latifah Zahari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perkembangan kemampuan komunikasi matematis dan Self - Efficacy pada siswa sekolah menengah dengan menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis REACT. Siswa sekolah menengah belajar dengan strategi REACT. Penelitian ini menggunakan metode semi empiris dengan rancangan kelompok kontrol sebelum dan sesudah pengujian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs swasta Nurul Iman Tanjung Morawa. Sampel penelitian dipilih menurut dua jenis: tipe eksperimen dan tipe kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling; H. pengambilan sampel yang bertujuan. Data yang diperoleh adalah hasil pre-test, post-test, angket Self - Efficacy dan panel observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan efikasi diri siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT dan metode pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT hukum ilmiah.

 


Full Text:

PDF

References


A. J. Nathan and A. Scobell. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Efficacy siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends. vol. 91, no. 5. 2012.

S. U. Siregar, A. Harahap, S. Milfayetti, and I. Hajar. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self - Efficacy Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. J. Penelit. dan Pengkaj. Ilmu Pendidik. e-Saintika, vol. 4, no. 2, p. 151, 2020, doi: 10.36312/e-saintika.v4i2.207.

P. Nuranisa D, B. Y. G. Putra, and D. Fisher. (2022). Efficacy Siswa Dalam Implementasi Strategi Pembelajar Relating, Experiencing, Applying, dan Transferring (React). vol. 7, pp. 60–70, 2022.

M. Darkasyi, R. Johar, and A. Ahmad. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. J. Didakt. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 21–34, 2014.

Fadhla Nur Fadhillah. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Strategi REACT. Universitas Pendidikan Indonesia repository.upi.edu perpustakaan.upi.edu, no. 6, pp. 1–10, 2019.

Juhrani, H. Suyitno, and Khumaedi. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. Ujmer, vol. 6, no. 2, pp. 251–258, 2017, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

R. Kurniawati, F. Nendra, N. Netriwati, and S. Andriani. (2021). Dampak strategi relating, experiencing, applying, cooperating dan transferring (REACT) pada kemampuan penalaran matematis ditinjau dari minat belajar. Edu Sains J. Pendidik. Sains Mat., vol. 9, no. 1, pp. 33–39, 2021, doi: 10.23971/eds.v9i1.2086.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.