Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Menggunakan Adobe Animate untuk Siswa SMK

Willis Prisilia Pane, Susi Herawati, Puspa Amelia

Abstract


Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis game dalam bentuk File Apk untuk pengguna Android yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Peneltian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan oleh Borg and Gall. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Validasi produk media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil analisis rata-rata validasi produk media berbasis game yaitu sebesar 87,2% pada kategori “sangat baikâ€. Uji coba praktikalitas dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pariaman dengan hasil analisis praktikalitas media pembelajaran yaitu sebesar 88,93% pada Kategori “sangat baikâ€. Bedasarkan dari hasil penelitian maka disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis game menggunakan Adobe Animate untuk siswa SMK valid dan praktis diterapkan pada proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Amanda, D.A, Putri, A.R., 2019. Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN1 Jepun. JOEICT: Jurnal of Education and Information Communication Technology, 3(2), pp.160- 168.

Rozi, F, Kristari, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Andorid Pada Mata Pelajaran Fisika untuk Siswa Kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. JIPI: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 5(1). pp.33- 44.

Audhiha, dkk. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate cc Pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu. 6(1), pp.1086-1097.

Rahma., Nurhayati. 2021. Pengembangan Interaktif Berbaisis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2(1), pp.38-41.

Widyaastuti, R., Puspita, L. S. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma: Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), pp.95- 100.

Sanusi, A,M., Dkk. 2020. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Education Game Berbantuan Android Pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), pp.511- 520.

Samsudin., Dkk. 2019. Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate cc. JTI: Jurnal Teknologi Inovatif, 4(5), pp.141- 148.

Fahlevi, R ,Yuliani, A. 2021. Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa SMA Pada Materi Barisan dan Deret Geometri. JPMI : Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif. 4(5), pp.1191-1204.

Wulandari, S,dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs3 Pada Materi Pokok Trigonometri Kelas X SMKN 10 Surabaya. MUST : Journal of Mathematics Education, Science and Technology. 2(2), pp.165-177.

Tahara,G.S, Wintarti, A. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Aturan SInus dan Cosinus Sebagai Sarana Berlatih Mandiri. de Femat: Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(1), pp.13-23.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Abdullah, F.S, Yunianta, T.N.H,. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), pp.434-443.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.