Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematik Siswa SMP

Yumira Simamora, Minta Ito Simamora, Kiki Andriani

Abstract


Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi matematik siswa SMP Al-Manar Medan Tahun Pembelajaran 2022-2023. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu (2,965>1,675). Maka dapat disimpulkan bahwa thitung> ttabel dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima Artinya ada pengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi matematik siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika. 2. Dapat Dilihat kemampuan matematika siswa berbasis etnomatematika menggunakan respon angket siswa diperoleh masing-masing nilai rata-rata dan persentase dengan kategori “Sangat Baik†dan kategori “Baikâ€. sehingga didapat nilai keseluruhan 1305 serta rata-rata 43,5 dengan persentase 84,1% dalam kategori “Sangat Baikâ€. Angket digunakan untuk mengetahui respon atau tanggapan siswa terhadap kemampuan matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika di SMP Al-Manar  Medan

Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Etnomatematika, Literasi Numerasi  Matematik


Full Text:

PDF

References


Arisetyawan, d. (2014). Study Ethnomathematics . Internasional journal of education, 2(10), 1-8. Bolstad. (2020). Pembelajaran Literasi. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Ekowati, d. (2019). Pengembangan E-Book Retells Dalam Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Malang.

Freeman-Green et al., 2. (2015). Pembelajaran Literasi Numerasi . Jakarta: Bumi Aksara.

Han et al. (2017). Literasi Numerasi Sekolah Dasar. Journal Mathematics Education 3(1) 3-15.

Hung, w. (2010). Problem Based Learning. journal international, 38,486-487.

NR Rizqi . (2022). Eksplorasi Etnomatematika Istana Maimun Di Sumatera Utara. Journal Eduscience (JES) (1),101-109.

Rusman. (2012). Langkah-Langkah Model Problem Based Learning. Journal Cendikiawan,1(1),243-244.

Simamora Ito M (2019). Peningkatan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe think pair share (tps) dengan teams games tournament (tgt).Journal Pendidikan Matematika 4(2),103.

Simamora Yumira. (2021 ). Motivasi Siswa SMK PAB-1 Helvetia Mengikuti Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal MathEducation Nusantara (JMN) 4(2),86-93.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.