Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy pada Materi Statistika

Friska Anggriani, Sinta Dea Anggaraini, Sri Defina Ginting, Ramadhani Ramadhani

Abstract


Abstrak

Ilmu dasar dari semua bidang studi yang memiliki dampak signifikan pada kehidupan manusia adalah matematika. Pembelajaran matematika bermanfaat tidak hanya dalam dunia pendidikan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Konsekuensinya, siswa diajarkan untuk memiliki kemampuan matematis, termasuk kemampuan berkomunikasi secara matematis. Siswa juga diharapkan memahami dirinya sendiri karena mereka perlu memahami self-efficacy, yaitu keyakinan bahwa seseorang mampu mengatasi hambatan. berpengalaman. Subyek penelitian adalah siswa SD Swasta Al Ittihadiyah Kandangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa uraian soal tes kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran barisan dan deret aritmetika dan skala nontes untuk mengukur efikasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa relevan self-efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematisnya pada materi barisan dan deret aritmetika. Dalam penelitian ini, mahasiswa dapat memisahkan variabel bilangan untuk indikator bacaan dan menyusun langkah-langkah yang diperlukan untuk melengkapi indikator ekspresi matematis.

Kata kunci : kemampuan komunikasi matematis , self efficacy


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Saidah, A., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Peserta Didik Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 1 Dau. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(11).

Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2020). Analisis Hubungan Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-47

Widoyani, W. L., Oktoviani, V., & Azizah, S. (2022, January). Analisis Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Siswa SMA Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 2, No. 1, pp. 38-48).

NURHANIFAH, N. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF-ESTEEM (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Supriyati, R., & Kurniasih, N. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficcy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 45-55.

uhrani, J., Suyitno, H., & Khumaedi, K. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self-efficacy siswa pada model pembelajaran MEA. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 251-258.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.