Pengembangan E-Modul Pada Materi Barisan dan Deret dengan Menggunakan Sigil Software

Anggun Permata Sari, Ainil Mardiyah, Villia Anggraini, Audra Pramitha Muslim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-Modul menggunakan sigil software yang valid dan praktis pada materi Barisan dan Deret kelas X TJKT SMK Negeri 6 Padang sehingga dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar matematika khususnya materi barisan dan deret. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini tahap 1 sampai tahap 2 yaitu tahap investigasi awal (preliminary research) dan tahap prototype ( prototyping phase) yang merangkap uji validitas dan praktikalitas. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi, angket uji satu-satu yang berguna untuk melihat kepraktisan e-Modul siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan penilain validator, diperoleh hasil validator diperoleh hasil validitas e-Modul berbasis android menggunakan sigil software sebesar 91,17% dengan kategori sangat valid. Nilai akhir kepraktisan dengan guru memperoleh nilai akhir 86,67% pada kategori praktis. Nilai akhir kepraktisan dengan siswa diperoleh 89,72%  dengan kategori sangat parktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-Modul berbasis android dengan menggunakan sigil software pada materi Barisan dan Deret di kelas X TJKT SMK Negeri 6 Padang dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh siswa.

Kata kunci : E-Modul, Sigil Software, Siswa

 

Abstract

This study aims to produce an e-Module using sigil software that is valid and practical in material for Class X TJKT SMK Negeri 6 Padang so that it can be used as a source of learning mathematics, especially material for sequences and series. The type of research used is development research using the Plomp development model. The stages used in this development model are stage 1 to stage 2, namely the preliminary research stage and the prototyping phase which concurrently tests the validity and practicality. The instruments used in this study were validation questionnaires, one-on-one test questionnaires which are useful for seeing the practicality of student e-Modules and interview guidelines. Based on the validator's assessment, the results of the validator obtained the validity of the Android-based e-module using sigil software of 91.17% with a very valid category. The final value of practicality with the teacher obtaining a final score of 86.67% in the practical category. The final value of practicality with students was 89.72% in the very practical category. Based on the results of the study it can be concluded that the android-based e-Module using sigil software on Rows and Series material in class X TJKT SMK Negeri 6 Padang is declared valid and practical for students to use.

Key Words : E-Module, Sigil Sofware,Student 

 

 


Full Text:

PDF

References


Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2). https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800

Mutmainah dkk., H. 3. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(2), 34–44.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.

Abdullah. (2016). PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN. In Lantanida Journal (Vol. 4, Issue 1).

Fadilah, B. N., Ahmad, J., & Farida, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i1.pp1-11

Fitri, A., Netriwati, N., & Andriani, S. (2021). Sigil Software sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8492

Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.838

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus Di Smk Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8526

Desmita Rohadatul, D. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499

Mutmainah dkk., H. 3. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(2), 34–44.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta

Riduwan, M.Pd., M. B. . (2019). Belajar Mudah Penelitian untukGuru Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3733

Refbacks



https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.