Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman

Rahmatul Afdal, Laras Oktavia Andreas

Abstract


Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurangnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpalan pada penelitian ini bedasarkan observasi yang dilakukan bedasarkan prosedur penelitian yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengematan, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan dan menggunakan 1 siklus dengan dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pariaman. Dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa di kelas XI DPIB 2. Hasil penelitian menunjukan yaitu pada siklus I nilai rata-rata tes awal (pre-tes) sebesar 62,35 dengan persentase ketuntasan 15,38% dan pada tes akhir siklus (posttes) memperoleh rata-rata sebesar 72,58% dengan persentase sebesar 73,08%. Peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal dan tes akhir siklus I mengalami peningkatan sebesar 16,41% dengan kriteria belum tercapai. Hasil pada siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata tes awal (pre-tes) sebesar 81,38 dengan persentase 96,15% dan pada akhir tes siklus II (posttes) memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,31 dengan persentase ketuntasan 100%.


Full Text:

PDF

References


Usman, Husaini. Darmono. 2016. Pendidikan Kejuruan Masa Depan. Yogyakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Siste Pendidikan Nasional. Pemendikbud Nomor 34 Tahun 2018.

Eman. P.A , Elisabeth, L. ,Jansen, F. 2018. Estimasi Biaya Konstruksi Menggunakan Metode Parameter Pada ProyekPemeliharaan Berkala Jalan di Kota Medan.

Rofiah, Mahmu Datu. (2021). “Studi Tentang Model dan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMKâ€. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB). 7(2).

Rahmadian. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMPN 2 Lubuk Alung. Skripsi. Padang. STKIP YDB.

Wulandari, B. Surjono,H.D.(2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Yanto,Y., Juwita, R. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education. 1(1), pp.53-60

Arikunto,dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadiyono, T. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Volume Bangun Ruang yang Berhubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga dengan Pendekatan Konetkstual. Jurnal Sosialita. 14(1), pp.327-342.

Aqib,Zainal & Rasidi.M.H (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.