Pengaruh Penggunaan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SDS Al-Ulum
Abstract
Karena pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari, maka harus dipelajari sejak usia dini, khususnya pada pendidikan sekolah dasar. Untuk menunjang hasil belajar diperlukan inovasi salah satunya media ludo yang telah dipelajari oleh siswa sekolah dasar kelas V di SDS Al-Ulum ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ludo terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari komponen kognitif dan psikomotorik. Dalam penerapannya kemudian dikumpulkan data berupa hasil belajar siswa dengan menggunakan instrumen tes dan hasil observasi menggunakan instrumen asesmen, setelah itu data diolah menggunakan metode kuantitatif dengan program SPSS 25 untuk hasil belajar kognitif dan dengan alat asesmen. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan media ludo pada ranah kognitif berdampak pada hasil belajar siswa kelas V dengan nilai signifikan (2-tile) sebesar 0,001-0,05. Namun, rata-rata siswa memperoleh skor 88,125 pada ranah psikomotorik, yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara ranah psikomotorik dengan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga
Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Amkas, dkk. 2017. Pengembangan Ludo Word Game Siswa Kelas IV
SDN 1 Banjar Bali Tahun Pelajaran 2017/2018. Vol: 8, No. 2,
(Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/
article/download/11937/7625), diakses Januari 2023.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru
SD, SLB, TK. Bandung : CV. Yrama Widya.
Cahyono, Agus. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Menggunakan Media Belajar Ular Tangga di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 2 Jragan Tembarak Temanggung. Vol: 6, No. 5,
(Online), (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/f
iptp/article/download/7618/7253), diakses Januari 2023 Maret
Dananjaya, Utomo. 2017. Media Pembelajaran Aktif. Bandung:
Penerbit Nuansa.
Hariani, Ajeng. 2013. Pengaruh Media Permainan Ular Tangga
terhadap Pengenalan Konsep Bilangan 1-20 Bagi Anak KelomPOK
A di TK Tulus Sejati Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan.
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Haya, Ravi A. 2018. Pengaruh Media Moku (Monopoli Kuis) terhadap
Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar siswa kelas IV
SDN Sumur welut II/440 Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan.
Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Indah Sari, Nur Laila. 2012. Asyiknya Belajar Bangun Ruang Sisi
Datar. Jakarta: PT Balai Pustaka (persero).
Karwono & Mularsih, Heni. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta
Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.