Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Times Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Realistik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa di Kelas VII SMP Cendekia Ambon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan Model Pembelajaran Times Games Tournament (TGT)  Dengan Pendekatan Realistik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VII SMP Cendekia Ambon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian melibatkan satu kelas eksperimen, yakni kelas VIIb yang terdiri dari 25 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Kelas tersebut diberi perlakuan yaitu dengan menerapkan Model Pembelajaran Times Games Tournament (TGT)  Dengan Pendekatan Realistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar Kognitif siswa dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif, analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif matematika siswa kelas VII SMP Cendekia Ambon setelah penerapan model pembelajaran Times Games Tournament (TGT) dengan pendekatan Realistik lebih dari 74,9 (KKM), peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VIIb SMP Cendekia Ambon signifikan dan berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas VIIb SMP Cendekia Ambon setelah diajar melalui penerapan model pembelajaran Times Games Tournament (TGT)  dengan pendekatan realistic mencapai ketuntasan klasikal, yakni hanya 92% (lebih dari 85%). Berdasarkan kriteria keefektifan, secara umum penerapan model pembelajaran Times Games Tournament (TGT) dengan pendekatan realistic efektif pada siswa kelas VIIb SMP Cendekia Ambon.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Azizah, Rizka. "Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika." (2010).
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Diyarko, D. (2016, February). LKM Mailing Merge Media Latih Literasi Matematika Pada Pembelajaran Inkuiri di SMK. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 325-342).
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya
Darsinah. (2011). Perkembangan Kognitif. Solo Baru: Qinant.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Mufarrikoh, Zainatul. 2019. Statistika Pendidikan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis). Jakad Media Publishing.
Sa'adilla, Safia, Sofiyan Sofiyan, and Fadilah Fadilah. "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Matematika." Jurna lIlmiah Matematika Realistik 3.1 (2022): 28-35.
Sholihat, Barkah. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Diss. Universitas negeri jakarta, 2015
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukestiyarno, Y. L., and Arief Agoestanto. "Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear." Unnes Journal Of Mathematics 6.2 (2017): 168-177.
Turmudi. (2008). Landasan Filosofis dan Teoritis Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: PT. Leuser Citra Pustaka
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.