Pembuatan E-Modul Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh

Okti Marwiko, Ari Syaiful Rahman Arifin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada Guru dan belum tersedianya modul yang efektif di sekolah. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan E-modul pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D).Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Payakumbuh pada bulan Desember 2022-Februari 2023. Subjek penelitianadalah 1 orang Guru mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung dan Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Payakumbuh dengan populasi sebanyak 55 orang dan sampel untuk penelitian yaitu pada kelas XI DPIB  1 ada 25 orang dan pada kelas XI DPIB 2 ada 22 orang.Hasil pengolahan data menyebutkan bahwa E-modul dikategorikan Valid dengan nilai kevalidan secara keseluruhan adalah 89,42%. Praktikalitas E-modul Pembelajaran dari guru adalah 83,06% dikategorikan sangat praktis dan siswa sebesar 86,55% dikategorikan sangat praktis. Pengujian efektivitas didapatkan hasil bahwa tingkat keefektifan belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung pada kelas eksperimen yaitu kelas XI DPIB 1 yang menggunakan E-modul termasuk kategori “Tinggiâ€.

 


Full Text:

PDF

References


Ramadani, N., & Sukardi, S. (2021). “Pengembangan E-modul Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Web.†Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2(1). Hlm. 22-26.

Fauziah, L. R., & Abdullah, R. (2022). “Pembuatan E-Modul Berbasis Web pada Mata Kuliah Praktek Batu dan Beton Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang.†Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(1). Hlm. 27-32.

Kurniawan, Deni. (2015). “Pengembangan Modul Interaktif menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis.†Jurnal Pembelajaran Fisika. 3(1). Hlm. 1-10.

Sani, A., Ridwan, dkk. (2018). Penelitian Pendidikan. Medan: Tira Smart.

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Kartika, Budi. (2001). Berbagi Strategi untuk Melibatkan Siswa secara Aktif dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMU, Efektivitas, dan Sikap Merdeka Pada Strategi tersebut. USD: Widya Dharma.

Suklis, W. H., & Arifin, A. S. R. (2022). “Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon pada Elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan SMK Negeri 1 Padang.†CIVED, 9(3). Hlm. 261-267.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.