Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Nora Alisa Pulungan

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan kelas kotrol untuk mengetahui pengaruh penggunaan  video animasi terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Instrument yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan adalah analisis statistik dan analisis inferensial dan uji hipotesis dengan uji-t. hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video animasi terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan manusia di SMP N 8 Padangsidimpuan.

Full Text:

PDF

References


Weliyati, I Made. (2022). “Penanganan Masalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Proses Pembelajaran Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)â€. Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 5 (1). 9.

Darmawan, Alfian. (2020). Sistem Pencernaan pada Manusia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Johari, Andriana dkk (2014). Penerapan Media Video dan Animasi Pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigerant Terhadap Hasil BelajarSiswaâ€. Journal of Mechanical Engineering Education 1 (1). 11.

Lestari, Anita Ayu (2018). “PengaruhPenggunaan Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas II di MIN 4 Bengkulu Tengahâ€. (Skripsi S1 FakultasTarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2018), h. 28-29.

Mulyani, Atris Yuliarti. (2022). “Pengembangan Critical Thinking dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesiaâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1 (1). 102.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.