Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR)

Laili Habibah Pasaribu, Nurlina Ariani Hrp, Khofiffah Indriyani Siregar, Ahmad Fahmi

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan mulai dari sekolah dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi (PT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang signifikan  pendekatan pembelajaran matematika realistic (PMR) pada kemampuan berfikir kreatif siswa kela VIII SMP Negeri 1 Bagan Sinembah  pada sub materi kubus, mengetahui peningkatan yang signifikan pembelajaran ekspositori pada kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP negeri 1 bagan sinembah pada sub materi kubus, untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa yang dibelajarkan antara pendekatan matematika realistic dengan pendekatan ekspositori. Penelitian ini merupakan metode eksperimen.Populasi penelitian ini kelas VIII di SMP Negeri 1 bagan sinembah dengan sampel kelas VIII4, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah tes.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dengan  melihat rata-rata nilai yang dicapai siswa adalah 72,41. Dimana nilai tertinggi adalah 95.Siswa yang masih berada dibawah KKM hanya ada 8 siswa dari 22 siswa. Hal ini jelas lebih baik dibandingkan sebelum diberi perlakuan, dengan  melihat rata-rata nilai yang dicapai siswa hanya sekitar 60,41. Dimana nilai tertinggi adalah 85. Siswa yang berada dibawah KKM  ada sebanyak 19 siswa dari 11 siswa. Hal ini jelas bahwa pembelajaran ekspositori kurang meningkat pada proses pembelajaran berpikir kreatif, Pendekatan pembelajaran matematika realistik meningkat lebih baik pada kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.3928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.