Analisis Penguasaan Konsep Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving

Sakinah Ubudiyah Siregar, Lily Rohanita Hasibuan, Ayu Lestari, Mentari Hutahean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode true exsperimental design. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Swasta Az Zahra Sonomartani. Subyek pada penelitian ini kelas XI Jurusan Teknik Komuter dan Jaringan yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t. Hasil tes penguasaan konsep siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest dari 33 peserta didik yaitu 47,58 dengan standar deviasi 6,746 dan pada penguasaan konsep siswa dari nilai rata-rata postets sebesar 74,12 dengan standar deviasi 2,997. Hasil tes hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 45,76 dengan standar deviasi 6,011, dan pada hasil belajar siswa dari nilai rata-rata postest sebesar 73,42 dengan standar deviasi 3,182. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan independen t-test dihitung dengan menggunakan IBM SPSS Stastics Versi 20 for windows diperoleh thitung> ttabel yaitu (0,916 < 1,671) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap penguasaan konsep dan hasil belajar siswa pada kelas XI SMK Swasta Az Zahra Sonomartani.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.3932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.