Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Tehadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa

Islamiani Safitri, Laili Habibah Pasaribu, Debby Arini, Sintia Nainggolan, Windi Listiana

Abstract


Salah satu tolak ukur keberhasilan siswa dalam belajar adalah hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal, sekaligus merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu sebanyak 118 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi jalur (Path) dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu. (2) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu. (3) secara langsung Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu. (4) secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar siswa dalam mata pelajaran matematika MA An-Nuur Tarbiyah Islamiyah Bagan Batu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.3955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.