Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Investigation

Nurlina Ariani Hrp, Amin Harahap, Islamiani Safitri, Sintya Lestari Sinulingga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (classroom action research) yang dibagi dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan, siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A-MTs PP.Ahmadul Jariah Kotapinang yang berjumlah 29 orang siswa, Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran group Investigation untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa, Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar, lembar observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran group investigation, dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran untuk peneliti meningkat dari 45,68 pada siklus I menjadi 81,03 pada siklus II dengan kategori sedang telah disesuaikan dengan indikator keberhasilan. Persentase indikator kemampuan penalaran matematika siswa meningkat dari 64,3 pada siklus I menjadi menjadi 76,82 pada siklus II. Sebanyak 29 siswa dari jumlah siswa keseluruhan mengalami peningkatan skor total kemampuan penalaran matematika siswa.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII-A MTs PP.Ahmadul Jariah Kotapinang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.3956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.