Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas Ix Melalui Pendekatan Pembelajaran Metaphorical Thinking Di Ma An-Nuur

Sakinah Ubudiyah Siregar, Lily Rohanita Hasibuan, Nurasiyah Br. Harahap, Nurapriani Nurapriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking pada kelas XI di MA An-Nuur, mengetahui bagaimana hasil kemampuan representasi matematis pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking. Penelitian ini merupakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental), populasi penelitian siswa MA An-Nuur dengan sampel kelas XI MA An-Nuur dengan kelas ekperimen XI Ipa dan kelas kontrol xi ips, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ii adalah tes dan lembar observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang dilakukan dengan perhitungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Rata-rata kemampuan visual kelas eksperimen adalah 7,275 sedangkan pada kelas kontrol adalah 7,1. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = -9,99 dan ttabel = 1,6672 sehingga thitung Ë‚ ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking lebih tinggi dibandingkan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.3957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.