Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pembelajaran Scramble Pada Kelas VIII

Indah Fitria Rahma, Eva Julyanti, Neni Andriani, Siti Rama Yani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble di kelas VIII SMP Swasta Anak Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan berjumlah 45 orang. Populasi yang juga merupakan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen VIII-A yang berjumlah 25 orang dan kelas eksperimen VIII-B yang berjumlah 20orang.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Hasil nilai tes analisis statistik menunjukan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < dari 0,05 sehingga terdapat peningkatan yang signifikan antara nilai berfikir kreatif kelas eksperimen dan kelas control. Dari lembar angket dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran scramble, berarati hasil analisis berada pada daerah Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan diterimanya Ha berarti peningkatan aktifitas di kelas eskperimen melalui model scramble lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Swasta Anak Bangsa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.3958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.