Perception Of The Chief Fkip Labuhanbatu University In Implementing Policies Of The Minister Education

Agus Anjar, Ilham Hakiki Harahap, Meisa Fitri Nasution, Siti Lam'ah Nasution

Abstract


Dalam Penelitian ini penulis mempunyai tujuan untuk mengetahui persepsi Dekan FKIP Universitas Labuhanbatu atas dikeluarkannya kebijakan pemerintah oleh Menteri Pendidikan tentang kurikulum Outcomes Based Education (OBE) yang ditujukan untuk Perguruan Tinggi. Adapun tujuan dikeluarkannya kebijakan ini adalah untuk menjawab kebutuhan yang benar-benar diperlukan oleh masyarakat luas, sehingga klimaks dari kurikulum ini adalah materi yag disuguhkan kepada mahasiswa memang benar-benar yang diperlukan oleh masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengapa kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan tidak bersamaan dengan pelatihan dan sosialisasi yang matang sehingga akan sulit dijalankan bagi Dekan guna menginstruksikan kepada Ketua Program Studi yang ada. Atas dasar inilah peneliti menjadikan Dekan sebagai subjek dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan merujuk teori key informan sebagai pemberi informasi tunggal. Maka untuk menjawab permasalahan peneliti menggunakan sumber data berupa data primer yaitu dekan, dan data skunder berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa perlunya pengiringan berupa sosialisasi dan pelatihan baik secara langsung maupun secara daring, agar perguruan tinggi yang ada didaerah dapat segera mengimplementasikan atas kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Indoesia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.