Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Open-Ended

Islamiani Safitri, Nurlina Ariani Hrp, Wikri Artika, Amalia Safitri Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan menggunakan metode open-ended; (2) untuk mengetahui proses jawaban siswa menggunakan metode open-ended dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata siswa yang di ajarkan menggunakan metode open-ended lebih meningkat dibandingkan siswa yang di ajarkan menggunakan metode konvensional. Dengan demikian metode open-ended dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa (thitung = 26,6 > ttabel = 5,01).  Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep di kelas eksperimen yang di ajarkan menggunakan open-ended sebesar 93% tergolong kategori tinggi. sedangkan siswa yang di ajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional signifikansi sebesar 73% tergolong kategori sedang. (2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang di ajarkan menggunakan metode open-ended lebih baik daripada siswa yang di ajarkan menggunakan metode konvensional. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.3994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.