Pengaruh Model Missouri Mathematics Project Berbantuan Geogebra dalam Budaya Melayu untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematikasiswa MA Tahun Pembelajaran 2022-2023

Diana Jalila Nasution, Yumira Simamora, Israq Maharani

Abstract


Penelitian ini dibuat atas dasar rendahnya kemampuan literasi matematika pada siswa MA Swasta Hj Siti Julia Secanggang. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel MA Swasta Hj Siti Julia Secanggang penelitian adalah, dimana untuk kelas XII-IPS dibuat sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-IPA sebagai kelas control. Hasil penelitian dengan taraf signifikan α = 0,05. Menurut hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil penelitian yang diperoleh untuk rata-rata kemampuan literasi matematika peserta didik kelas eksperimen diperoleh untuk pretest 12,29 dan postest 16,81 dan standar deviasi untuk pretest adalah 2,38 dan postest  1,61, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata untuk pretest 13,77 dan postest 15,40, standar deviasi untuk pretes adalah 3,16 dan untuk postesnya 1,78. Dengan Sig (2tailed) < 0,05, maka terdapat pengaruh antara kelas ekperimen dan kontrol. Maka Sig (tailed) 0,02 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima yang artinya adanya Terdapat pengaruh kemampuan literasi matematika berbasis budaya melayu antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project.


Full Text:

PDF

References


SOPAMENA, P. (2018). matematika dan era globalisasi . mathematic education, 9.

Maulana. (2011). Kiat melatih konsentrasi anak.

Simamora, Y. (2011). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Antara Siswa Yang Diberi Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pengajaran Langsung. Mr Aris Hadiana.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy Are We Able To Put The Mathematics We. Journal of Mathematics Education.

Yudi, YP, r. v. (2020). literasi matematika. sleman : cv budi utama.

Wahyuni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project . Mathematics education.

Savitri, S.., Rochmad, Agoestanto;. (2013). Keefektifan Pemelajaran Matematika Mengacu Pada Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecaha Masalah. Unnes Journal Of Mathematics Education.

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. yogyakarta: deepublis.

RIZQI1, N. R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Istana Maimun Di Sumatera Utara. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms).




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.