Representasi Feminisme : Kajian Pembelajaran Semiotika

Cut Santika, M Kasir

Abstract


Isu feminisme sudah beredar cukup lama dalam kalangan masyarakat luas. Bahkan dunia perfilman sekarang ini santer menyajikan isu-isu feminisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi feminisme dalam film Layangan Putus di WeTV . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode semiotika John Fiske yang terdiri dari tiga level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Selama ini perempuan sering digambarkan  sebagai objek narasi yang pasif. melalui Film Layangan Putus di WeTV ini sosok perempuan digambarkan sebagai objek narasi pemberani dan tangguh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi,  simak,  dan  catat.  Mengumpulkan  data  dengan  cara menyimak  kata-kata yang diucapkan dalam film  Layangan Putus di WeTV yang  di  putar  secara  berulang,  kemudian  mencatat  dan  menuliskan bagian-bagian  penting  dalam  film  Layangan Putus tersebut. Berdasarkan  hasil  penelitian,  dapat  diperoleh kesimpulan bahwa terdapat feminisme radikal dan diskriminasi perempuan dalam film Layangan Putus di WeTV.

Full Text:

PDF

References


Santika, Cut & Fajrinur. 2022. Perjuangan Hak Asasi Manusia dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye. Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms) Issn : 2460-593x Vol. 8, No. 2 (2022). Diakses pada tanggal 09 September 2022.

Rohman, S., & Wicaksono, A. (2018). Tentang sastra: Orkestrasi teori dan pembelajarannya. Garudhawaca.

Arivia, G. (2006). Feminisme Sebuah Kata Hati. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Wahyudi, Tri. 2017. Membaca Kemungkinan Film sebagai Objek Penelitian Sastra.. Jurnal Parafrase. Vol. 17. No. 02. Oktober 2017. Halaman 33-38. [Online]. Tersedia pada http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/1369/1144 [02 Juli 2022].

Eda, Friskha Dwita. (2020). Representasi Feminisme dalam Film A Separation (Analisis Semiotika). Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar.

Darojah, R. U. 2011. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melaporkan dengan Media Film Animasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Yogyakarta. Skripsi. UNY, Yogayakarta. http://eprints.uny.ac.id/1296/1/Rid an_07201241029.pdf.Diakses tanggal 3 Juli 2022.

Subhan, Z. (2004). Kekerasan Terhadap Perempuan. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.Ardianto,

Fiske, J. (1987). Television Culture: Popular Pleasures and Politics. London: Routledge.

Ridwan, Fauzi & Muhammad Adji. 2019. Representasi Feminisme pada Tokoh Utama

dalam Film Crazy Rich Asian: Kajian Semiotika. Universitas Padjajaran. Jurnal Salaka. Diakses tanggal 30 Agustus 2022.

Sarah, Rima. 2022. Representation Of Feminism On The Character Of Enola Holmes In The Enola Holmes Film: John Fiske's Semiotics Analysis. Universitas Sunan Gunung Jati. diakses pada tanggal 08 Agustus 2022




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.