Pengembangan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Kelas XI di SMA Negeri 1 Pengkadan

Soffyana Soffyana, Muhamad Firdaus, Rahman Haryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran bermuatan karakter pada materi barisan dan deret aritmetika kelas XI di SMA Negeri 1 Pengkadan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model menurut Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, angket dan posttest. Angket digunakan untuk validasi ahli, respon guru dan siswa, dan soal posttest. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran dengan tingkat kevalidan sebesar 84,62 %  dengan kriteria sangat valid, hasil angket respon guru dan siswa dengan rata-rata sebesar 87,84 % dengan kriteria sangat praktis dan hasil pengerjaan posttest siswa sebesar 75 % dengan kriteria efektif

Full Text:

PDF

References


F. Anggreni, “Relevansi Pembelajaran Matematika Dengan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Materi Pecahan,†J. Ilm. Pendidik. Mat. Al Qalasadi, vol. 3, no. 1, pp. 10–18, 2019, doi: 10.32505/qalasadi.v3i1.896.

Y. Darma, U. D. Susiaty, and D. Fitriawan, “Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Mahasiswa Calon Guru Matematika,†SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 3, no. 2, pp. 110–115, 2018, doi: 10.30998/sap.v3i2.3029.

D. Muchtar and A. Suryani, “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud,†Edumaspul J. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 50–57, 2019, doi: 10.33487/edumaspul.v3i2.142.

Hidayatullah, Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa (M. Rohmadi), vol. 8, no. 5. 2010.

T. Suryansyah and Suwarjo, “PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD,†J. Prima Edukasia, vol. 4, no. 2, pp. 190–201, 2016, [Online]. Available: htttp://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index.

S. A.M., Interaksi Motivasi & Belajar Mengajar, 1st ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2018.

A. Yudianto, “PENERAPAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN,†Semin. Nas. Pendidik. 2017, pp. 234–237, 2017.

J. Ambarita, H. Helwaun, and L. Van Houten, “Workshop Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online di Tengah Covid 19,†vol. 2, pp. 44–57, 2021.

D. Yunita and A. Wijayanti, “PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA,†SOSIOHUMANIORA, vol. 3, no. 2, pp. 153–160, 2017.

P. D. Wisada, I. K. Sudarma, and A. I. W. I. Yuda S, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter,†J. Educ. Technol., vol. 3, no. 3, p. 140, 2019, doi: 10.23887/jet.v3i3.21735.

Rochmad, “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika,†J. Kreano, vol. 3, no. 1, pp. 59–72, 2012, doi: 10.24176/re.v8i2.2351.

N. Rachmawati, P. Matematika, and U. A. Dahlan, “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR,†vol. 2, pp. 1–14, 2021.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.