Deskripsi Kebutuhan Siswa Pada Aplikasi Blantik Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya

Binti Anisaul Khasanah, Nida Nuria, Putri Devasari, Firda Adelia Putri, Rizky Rahmawati, Robby Kurniawan Syahputra

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran aplikasi Blantik (Batik Lampung Matematika) berbasis android. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan  wawancara secara langsung bersama guru kelas serta penyebaran kuesioner yang terdiri dari 6 pertanyaan kepada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bumi Rejo Kabupaten Pringsewu Lampung. Selanjutnya diperoleh hasil penelitian yaitu: 1) Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum K13 yang mendukung pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran; 2) Pembelajaran yang dilakukan guru sering dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga memungkinkan untuk mengaitkan budaya dalam pembelajaran; 3) Kurangnya pengetahuan siswa terhadap budaya daerahnya mengasumsikan perlunya guru mengintegrasikan etnomatematika pada pembelajaran; 4) Kepemilikan android oleh siswa mengasumsikan untuk pemanfaatannya dalam pengembangan media pembelajaran; 5) Kecenderungan siswa untuk berlajar sambil bermain game mengasumsikan untuk membuat media pembelajaran berupa game edukasi.


Full Text:

PDF

References


Martoredjo, N.T., 2020. Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tentangan bagi Sektor Pendidikan? Jurnal Pendidikan, [online] 2(1), pp.1–15. Available at: .

Afandi, A., 2018. Difference of Learning Mathematics Between Open Question Model and Conventional Model. Malikussaleh: Journal of Mathematics Learning, [online] 1(1), pp.13–18. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/mjml.v1i1.620.

Maimunah, Purwanto, Sa’dijah, C. and Sisworo, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), pp.17–30.

Roza, Y., Daqiqil, I., Siregar, S.N., Salam, S. and A, A., 2018. Android Based Elearning for Mathematics Teachers. Journal of Physics, 1.

Supriyono, 2018. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, [online] 2(1), pp.43–48. Available at: .

Marfuah, S., Irsadi, A. and Pamelasari, S.D., 2014. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbentuk Jigsaw Puzzle Pada Tema Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 2 Margoyoso Kabupaten Pati. Unnes Science Education Journal, [online] 3(2), pp.528–534. https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3351.

Chalkiadaki, A., 2018. A Systematic Literature Review of 21st Century Skill and Competencies in Primary Education. International Journal of Instruction, [online] 11(3), pp.1–16. Available at: .

Risdiyanti, I. and Sulisworo, D., 2021. Developing Student Book based on Ethnomathematics To Improve Student’s Critical Thinking Skill. Journal Of Innovative Mathematics Learning, [online] 4(1), pp.1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jiml.v4i1.p1-11.

Setiawan, D., 2018. Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, [online] 4(1), pp.62–72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474.

Risdiyanti, I. and Prahmana, R.C.I., 2018. Etnomatematika: eksplorasi dalam permainan tradisional Jawa [Ethnomatematics: exploration in traditional Javanese games]. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), pp.1–11. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562.

Ngazizah, N. and Laititia, T., 2022. Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD Nur. Jurnal Pendidikan dan Konseling, [online] 4(4), pp.1258–1263. Available at: .

Sahilda and Izzati, 2020. Eksplorasi Etnomatematika Motif Batik Gonggong Tanjungpinang Kepulauan Riau. Jurnal Al Khwarizmi, 4(1), pp.79–92.

Diana, N., 2012. Manajemen Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Lampung (Analisis Eksploratif Mencari Basis Filosofis). Analisis : Jurnal Studi Keislaman, [online] 12(1), pp.183–208. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajsk.v12i1.636.

Nursyam, A., 2019. Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, [online] 18(1), pp.811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371.

Nurbani, N. and Puspitasari, H., 2022. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, [online] 4(2), pp.1908–1913. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2357.

Kiptiyah, S.M., Purwati, P.D. and Khasanah, U., 2021. Implementasi Flipped Classroom Bernuansa Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, [online] 9(3), pp.318–332. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp318-332.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, A., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Persamaan Kuadrat Melalui Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, [online] 2(1), pp.55–66. Available at: .

Itqan, M.S., 2018. Pendekatan Game Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal EduMatSains, [online] 2(2), pp.161–170. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i2.604.

Haryadi, R. and Andriati, N., 2020. Pengembangan Game Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), [online] 2(1), pp.81–92. Available at: .

Noviana, N., 2018. Integritas Kearifan Lokal Budaya Masyarakat Aceh dalamTradisi Peusijuk. DESKOVI : Art and Design Journal, [online] 1(1), pp.29–34. Available at: .

Abi, A.M., 2016. Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Indonesia, [online] 1(1), pp.1–6. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75.

Yuniarni, D., 2021. Persepsi Guru Mengenai Pentingnya Pengenalan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, pp.32–37.

Shomiyatun, 2019. Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Anak pada Budaya Lokal. Jurnal Qurroti : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, [online] 1(2), pp.62–71. https://doi.org/10.36768/qurroti.v1i2.43.

Ninawati, M., 2020. Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal MATH-UMB.EDU, [online] 7(2), pp.24–29. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i2.672.

Wahyuni, A., Tias, A.A.W. and Sani, B., 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. In: Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema †Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik": Prosiding. [online] Yogyakarta. pp.113–118. Available at: .

Putra, R.S., Wijayati, N. and Mahatmanti, F.W., 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, [online] 11(2), pp.2009–2018. Available at: .

Maimunah, M., 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), pp.1–24. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107.

Garini, A.W., Respati, R. and Mulyadiprana, A., 2020. Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, [online] 7(4), pp.186–191. Available at: .

Setiawan, A., Wigati, S. and Sulistyaningsih, D., 2019. Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. In: Seminar Nasional Edusainstek. [online] pp.167–173. Available at: .




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.