Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (MMS) Berbasis Metode Permainan Mathemagic Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa

Sariayu Sibarani, Taruly Tampubolon, Robert Harianja, Tanggapan C Tampubolon, Adriani Saurnida Asianna Siahaan

Abstract


Tujuan dan rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran matematika menyenangkan siswa (MMS) berbasis metode permainan mathemagic dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemandirian siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Siborong borong Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebanyak 36 siswa yang diambil dari jumlah populasi data dan dapat mewakili seluruh populasi dengan teknik pengumpulan sampel yaitu teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket dengan teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan uji regresi berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menghasilkan nilai signifikan sebesar 0.001 < 0.05 dan F hitung 5,366 > F tabel 3,295. Dengan peningkatan kemampuan komunikasi dan kemandirian siswa secara simultan (bersamaan) terhadap variabel Y adalah sebesar 36%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi dan kemandirian siswa melalui pembelajaran matematika menyenangkan siswa (MMS) berbasis metode permainan mathemagic.


Full Text:

PDF

References


Sundayana, R. (2016), Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84

Setyono. (2007). Matchmagic untuk pembelajaran menyenangkan. Jakarta: Yudhistira

Izzati, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis&Kemandirian belajar peserta didik SMP melalui pendekatan Pendidikan matematika realistik. Tesis S3 Universitas Pendidikan Indonesia

Afiani, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan matematika), 2(1), 1-13

Kosasih, Andreas. (2011). Joyful Learning. Tersedia pada http://www.ikataput.com/newsphp?op=7

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajagrafindoPersada

Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajara nmatematika menyenangkan siswa (MMS) berbasis metode permainan mathemagic, teka-teki, dan cerita matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran matematika, 1(1), 28-43




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.4056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.