Penentuan Volume Kerucut Elips Menggunakan Monte Carlo dengan Bantuan Python

Riyan Adriyansyah, Muhamad Sofian Hadi

Abstract


Perhitungan integral lipat untuk menghitung volume pendakian elips merupakan masalah yang sangat sulit ketika dihitung dengan analitik. Salah satu cara menghitung integral lipat selain dengan analitik bisa juga dengan metode pendekatan stokastik. Metode Monte Carlo merupakan salah satu metode stokastik yang dapat digunakan untuk menghitung volume pendaki elips. Metode ini menggunakan bilangan random besar untuk mendekati nilai volume sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari volume pendakian elips menggunakan integral lipat dua yang dilakukan pendekatan metode Monte carlo dengan bantuan program Python. Volume jarum elips yang akan dihitung harus diukur terlebih dahulu. Selanjutnya pembuatan program dengan bahasa Python. Dari hasil simulasi program yang dibuat dilakukan beberapa percobaan dari bilangan acak yang dibuat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.