Identifikasi Level Metakognisi Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika

Aisyah Aisyah, Muhamad Sofian Hadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan level metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dikelas X SMA Negeri 71 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan data kualitatif . subjek penelitian ini adalah peserta didik yang berada dikelas X yang heterogen. Peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok kemampuan matematika yaitu kelompok kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing kelompok diambil satu orang peserta didik dan diidentifikasi level metakognisinya berdasarkan indicator yang telah dibuat dan diadaptasi. Hasil penelitian diperoleh peserta didik yang memiliki kemampuan matematika tinggi berada pada level metakognisi Reflective Use, kemampuan matematika sedang berada pada level Stategic Use dan kemampuan matematika rendah pada level Aware Use dan Tacit Use. Dari hasil penelitian diharapkan dapat berguna sebagai bahan informasi karakteristik peserta didik didalam level metakognisinya dan bahan masukan bagi guru, pihak sekolah SMA Negeri 71 Jakarta , para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama dilingkungan Pendidikan Profesi Guru Universitas Muhammadiyah Jakarta.

 


Full Text:

PDF

References


Safitri, K.R., Saleh, M., 2015. Analisis Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Metakognisi.

Semarang: Prosiding Seminar Nasional Matematika.

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5824

Schunk, Dale H, 2012.Learning Theoris. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mahromah, LailyAgustina,2013. Identifikasi Tingkat Metakognisi Peserta didik dalam

Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika,MATHEdunesa, Vol 02, No. 01, 2013.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1208

Khoiriah, Siti,2011..Analisis Metakognisi Peserta didik dalam Memecahkan Masalah Matematika di

Kelas VIII MTs Ma’arif NUNgaban, Skripsi, Surabaya: Program Sarjana IAIN Sunan Ampel,

Alfiyah,N., Siswono,T.Y.E, 2014 Identifikasi Kesulitan MEtakognisi Peserta didik Dalam

Memecahkan MAsalah Matematika ,Volume 3 No 2 Tahun 2014, MATHEdunesahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8713




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.