Implementasi Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Kemampuan Numerik dan Self Confidence

Kurnia Maulinda, Bambang Sri Anggoro, Wawan Gunawan

Abstract


Abstrak

Kemampuan dasar numerik dan self confidence dalam mengoperasikan bilangan dengan penggunaan fungsi-fungsi hitung dasar memiliki peran penting dalam meningkatkan kecepatan, kecermatan, dan penalaran untuk menyelesaikan soal matematika. Penelitian kuantitatif ini mengkaji kemampuan numerik dan self confidence peserta didik dengan mengimplemetasikan metode pembelajaran giving question and getting answer. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jumlah sampel sebanyak 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket self confidence. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan numerik antara peserta didik yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran giving question and getting answer dilihat dengan nilai p-value 0,000 kurang dari 0,05, terdapat peningkatan self confidence antara peserta didik yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran giving question and getting answer ditunjukkan dengan nilai p-value 0,000 kurang dari 0,05 dan terdapat peningkatan kemampuan numerik dan self confidence antara peserta didik yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran giving question and getting answer dilihat dengan nilai p-value 0,000 kurang dari 0,05.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer, Kemampuan Numerik, Self Confidence


Full Text:

PDF

References


Diyanto, Rahmat, Sri Purwanti, dan Bambang Sri Anggoro. (2018). Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer. Desimal: Jurnal Matematika. Vol. 1 (2): hal. 192.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Siberman, L.Melvin. (2013). 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa Cendekia.

Sudiasa, I. Wayan. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengetahuan. Vol. 45 (3): hal. 263.

Anggoro, Bambang Sri, Nukhbatul Bidayati Haka, dan Hawani. (2019). Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Al-Qur’an Hadist Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X di Tingkat SMA/MA. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 5 (2): hal. 165.

Martyanti, Adhetia. (2016). Keefektifan Pendekatan Problem Solving dengan Setting Stad dan Tai Ditinjau Dari Prestasi dan Self Confidence. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 3 (1): hal. 5.

Ghufron, M.Nur dan Rini Risnawati. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widyastuti, Rany dkk. (2020). Understanding Mathematical Concept: The Effect of Savi Learning Model With Probing-Prompting Techniques Viewed From Self-Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1467, 1.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.