Pengembangan E-LKPD Materi Perbandingan di MTs Al-Falah Pasir Putih Kabupaten Bungo

Jelly Afriani, Alfi Yunita, Hamdunah Hamdunah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD dengan menggunakan aplikasi liveworksheetsyang valid dan praktis pada materi perbandingan di MTs Al-falah Pasir Putih Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan R&D (Research and Development)dengan model pengembangan Plomp. Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini hanya tahap 1 sampai tahap 2 yaitu tahap investigasi awal, tahap prototyping phase, yang merangkap uji validitas dan kepraktisan. Instrumen yang digunakan adalah angket validitas, angket uji kelompok kecil yang berguna untuk melihat kepraktisan E-LKPD oleh peserta didik dan pedoman wawancara. Berdasarkan penilaian validator, diperoleh hasil validitas E-LKPD dengan menggunakan aplikasi liveworksheet sebesar 90,57% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktikalitas kelompok kecil dengan sembilan siswa diperoleh nilai akhir 95,05% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD dengan menggunakan aplikasi liveworksheets pada materi perbandingan di MTs Al-falah Pasir Putih Kabupaten Bungo dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan ModelProblemBasedLearningBerbantuanLkpdLiveWorksheetUntukMeningkatkan Keaktifan Mental peserta didik Pada Pembelajaran Tematik KelasVa. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, (September), 122–130.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

Desthiani, W., & Izzati, N. (2022). Development Of Mathematical Connection Test On Social Arithmetic Materials For Students’ Junior High School. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 192-204. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2022.v4i2.192-204

Kustandi, C dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

RiduwandanAkdon.(2010).RumusdanDatadalamAnalisisDataStatistika.Alfabeta.

Sholehah, F., Sunarto, S., & Gazali, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas Vii Smp Ahmad Dahlan Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sholihah&Mahmudi.(2015)KeefektifanExperientialLearningPembelajaranMatematikaMtsMateriBangunRuangSisiDatarSugiyono.(2007).MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdanR&D.Alfabeta.

Sugiyono.(2015).MetodePenelitiandanPengembanganResearchandDevelopment(M.S.SofiaYustiyaniSuryandari,S.E.(ed.)).Alfabeta.

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.