Pengaruh Pembelajaran SAVI Berbantuan Aplikasi Geogebra3D Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Uptd SMP Negeri 2 Buntu Pane
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SAVI berbantuan aplikasi GeoGebra 3D terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam materi bangun ruang sisi datar. Jenis riset kuantitatif dengan cara quasi penelitian dengan konsep penelitian Pretest - Posttest Control Group Design. Sampel yang diambil adalah kelas VIII- 1 selaku kelas eksperimen serta VIII- 2 selaku kelas kontrol tiap- tiap kelas berjumlah 25 peserta didik dengan memakai metode purposive sampling. Instrumen yang diambil merupakan posttest kemampuan penalaran matematis dengan memakai uji . Hasil uji homogenitas diperoleh   maka diterima. Hasil penelitian dengan menggunakan uji  diperoleh nilai sig  adalah , sehingga  ditolak dan diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik pada penerapan pembelajaran SAVI berbantuan aplikasi GeoGebra 3D terhadap kemampuan penalaran matematis di UPTD SMPN 2 Buntu Pane.
Kata Kunci : SAVI, GeoGebra 3D, Kemampuan Penalaran
Full Text:
PDFReferences
Hermaini, J. and Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik dari Perspektif Minat Belajar ?. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), pp. 141–148.
Heryani, Y. et al. (2021). Pengaruh Metode Mnemonik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Daya Ingat. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, pp. 449–454. Available at: http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/.
Kholifah, A. N. U. R. (2019). Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyumas Kabupaten Banyumas. Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S. and Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), pp. 2617–2625. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1235.
Yuliani, S. R., Setiawan, W. and Hendriana, H. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik SMP pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Indikator Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), p. 325.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.