Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Sparkol Videoscribe dengan Materi Vektor dalam Bangun Ruang

Viola Wulandari Syabri, Ramadoni Ramadoni, Zulfitri Aima

Abstract


Permasalahan dalam proses belajar semester genap yang ditemukan di MAN 1 Solok Selatan yaitu keterbatasan waktu belajar yang membuat peserta didik harus belajar secara mandiri. Selain itu penggunaan media pembelajaran di sekolah hanya menggunakan media cetak yang membuat peserta didik mengalami kebosanan. Kemudian keterbiasaan peserta didik yang selalu dibimbing oleh guru dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah media pembelajaran matematika menggunakan Sparkol Videoscribe pada materi vektor di R3 yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp.(2013) Tahapan yang digunakan dibatasi hanya tahap 1 (Preliminay Research) dan tahap 2 (Prototyping phase) yang merangkap pada uji validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kevalidan dari media pembelajaran. Selanjutnya dilakukan uji coba satu-satu yang melibatkan guru dan tiga orang peserta didik, serta enam orang peserta didik pada uji coba kelompok kecil. Berdasarkan validasi yang dilakukan dengan ahli media dan ahli materi menyatakan media pembelajaran matematika menggunakan Sparkol Videoscribe sangat valid dengan persentase 85.7%. Sedangkan hasil praktikalitas media pembelajaran matematika menggunakan Sparkol Videoscribe dinyatakan sangat praktis dengan persentase 88.39%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika menggunakan Sparkol Videoscribe pada materi vektor dalam bangun ruang di MAN 1 Solok Selatan, sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Videoscribe

Full Text:

PDF

References


Adi, La (2022). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, Vol. 7 No 1.

Mulyono.M & Mahendra. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Model PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Ramadoni (2018). Education Innovations: Online Learning by Flipped Classroom Method

Wasnipa, (2022). Wawancara Guru Mata Pelajaran Matematika. Solok Selatan.

Sri Wahyuni, (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Sparkol Videoscribe Pada Materi Himpunan Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.