Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Ditinjau dari Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di UPTD SMPN 2 Nibung Hangus

Anil Hakim Syofra, Rizki Putri Br Nainggolan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Treffinger ditinjau dari kemampuan literasi numerasi siswa di UPTD SMPN 2 Nibung Hangus T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII yang terdapat 3 kelas. Adapun sampel penelitian yang digunakan yaitu 2 kelas (kelas VII-2 dan kelas VII-3). Pada kelas VII-2 dibuat kelas kontrol yang diberikan pengajaran model pembelajaran ekspositori dan kelas VII-3 dibuat kelas eksperimen yang diberikan pengajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger. Pengambilan sampel pada penelitian tersebut ditentukan dari sekolah (purposive sampling). Sebelum diberikan pengajaran, terlebih dahulu diberikan pretest kepada tiap– tiap kelas dengan rata – rata nilai eksperimen 14,20 dan kelas kontrol 18,07. Setelah diberi pengajaran dengan masing – masing pembelajaran, tiap – tiapkelasdiberikanposttest sehingganilai yang didapat kelas eksperimen adalah 76,33 dan kelas kontrol 63,27. Sehingga diperoleh hasil uji hipotesis dari penelitian ini yaitu  maka  diterima sehingga ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaranTreffinger ditinjau dari kemampuan literasi numerasi Siswa Di UPTD SMP N 2 Nibung Hangus.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.