Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Graphing Calculator Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Nurus Salam Kelas VIII Tahun Pembelajaran 2022-2023

Minta Ito Simamora, Risna Mira Bella Saragih, Novia Khairunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan graphing calculator dalam pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Nurus Salam terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah seluruh kelas VIII MTs Nurus Salam Deli Tua berjumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs  Nurus Salam sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 MTs Nurus Salam sebagai kelas control dengan jumlah seluruh sampel 60 siswa, karena kedua kelas tersebut memenuhi criteria dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang telah terkumpul selanjutnya akan dianalisis dengan cara menyusun data pretest dan posttest dalam bentuk tabel, menghitung nilai rata-rata, menghitung standar deviasi, menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Terdapat pengaruh model pembelajaran Kontekstual Berbantuan Graphing Calculator Terhadap Kemampuan Pemacahan Masalah Matematis siswa MTs Nurus Salam Kelas VIII Tahun Pembelajaran 2022-2023. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung>ttabelyaitu (8,038>1,580).

Full Text:

PDF

References


Tanzimah, T. (2019). Pemanfaatan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Ali, M. (2019). Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Dapat dilihat dihttps://www.academia.edu/2137476/Pemanfaatan_GeoGebra_dalam_Pembe lajaran_Matematika

Hikmah, R., & Nengsih, R. (2021). Etnomatematika: Persamaan Garis Lurus dengan Media Geogebra. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 88-97.

Rizana, D., &Safitri, E. (2018). Implementasi Aplikasi Geogebra Graphing Calculator Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi KaryaTulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 177-185.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.4114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.