Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa MTsN di Kecamatan Kualuh Selatan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Syafrida Hanum Pulungan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: 1) Pembelajaran berbasis  masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis; 2) Pembelajaran berbasis  masalah dapat meningkatkan self-efficacy siswa. Penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN Kualuh Hulu dan MTsN Damuli Pekan. Sampelnya adalah kelas VIII-C dari MTsN Kualuh Hulu dan kelas VIII-A dari MTsN Damuli Pekan. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self-efficacy. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,826 dan 0,877 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy matematis. Analisis statistik data dilakukan dengan deskriptif dan inferensial. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan: 1) kemampuan komunikasi matematis; 2) Self-efficacy siswa. Berdasarkan kesimpulan disarankan untuk menggunakan pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa.


Full Text:

PDF

References


Arends, R.I., 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Edisi ke-7 Cet.1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A., 1994. Self-efficacy. Encyclopedia of human Behavior. 4: 71-81. Tersedia (online) :http://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/BanEncy.html. diakses tanggal 13-12-2013.

Baroody, A.J., 1993. Problem Solving, Reasoning, And Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. New York: Mcmillan Pubishing Company.

Dewanto, S.P., 2008. Peranan Kemampuan Akademik Awal, Self-Efficacy, dan Variabel Non kognitif Lain Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Multipel Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, 2(2): 123-133 Universitas Padjadjaran, Indonesia.

Downing, K.J., 2009. Self-efficacy and MSetacognitive Development. The International Journal Of Learning, 16(4): 185- 200. Tersedia (online) :http://www.Learning-Journal.com, ISSN 1447-9494 City University of Hong Kong. diakses tgl 27-10-2013 [6] Carlsen, J. and Charters, S., eds. 2007. Global wine tourism. [e-book] Wallingford: CABI Pub. Available through: Anglia Ruskin University Library website [Accessed 9 may 2019].

Duch, B.J., Groh, S.E & Allen, D.E., 2001. The Power Of Prolem-Based Learning. Virginia: Stylus.

Napitupulu, E.E., 2008. Mengembangkan Kemampuan Menalar dan Memecahkan Masalah melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 24-33.

NCTM., 2000. Prinsciples and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

Ruseffendi, E.T., 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Edisi Revisi. Bandung: Tarsito.

Schunk, D. H., 1995. Self-efficacy, Motivation, and Performance.Journal of Applied Sport Psychology, 7(2), 112-137. (Online) tersedia: http://libres.uncg.edu/ir/uncg/f/D_Schunk_Self_1995.pdf diakses tanggal 22-09-2013.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.