Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang

Elly Satriana Sitorus, Siti Suharni Simamora, Yuni Asri Ningratri, Tihawa Tihawa, Sanggul Maharani Yessa

Abstract


Penelitian berfokus tentang bagaimana kepuasan siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 1 Silangkitang terhadap pembelajaran yang mereka terima di sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui problem ketidakpuasaan siswa pada proses pembelajaran biologi, mengetahui faktor-faktor apa saja yang memegaruhi kepuasan siswa terhadap pembelajaran biologi, mengetahui metode, cara mengajar guru yang mampu meningkatkan kepuasan siswa terhadap pembelajaran biologi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 1 Silangkitang yang berjumlah sebanyak 130 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan beberapa teknik yaitu, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, teknik analisis data yang dilakukan peneliti adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan angket dan wawancara yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa-siswi berada dikategori cukup puas.Kesimpulan kepuasan siswa terhadap pembelajaran biologi kelas XI di SMAN 1 Silangkitang secara garis besar berada pada kategori cukup puas.

Full Text:

PDF

References


Kemdikbud. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Jakarta: Kemdikbud

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Cilegon: Ghalia Indonesia

Surya, M. (2004). Pembelajaran dan Evaluasinya. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.