Etnomatika: Analisis Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Engklek
Abstract
Penerapan dari konsep matematika dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari. Beberapa konsep matematika yang ada di sekitar kita yaitu konsep bangun datar dan bangun ruang (bingkai foto, keramik, lemari, jendela), kegiatan mengukur dan menimbang (panjang, lebar, tinggi, luas, beban, kapasitas), kegiatan jual beli (menghitung uang untuk bayar dan kembalian, untung rugi, diskon) dan masih banyak lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis etnomatematika pada permainan tradisional engklek, untuk mengetahui apa saja konsep-konsep matematika yang terdapat pada permainan tradisional engklek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian etnografi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat konsep matematika pada permainan tradisional engklek. Konsep-konsep matematika pada permainan engklek, diantaranya yaitu geometri (bangun datar), membilang, peluang, kesebangunan dan kekongruenan. Konsep-konsep matematika tersebut dapat ditemukan pada bentuk petak engklek dan pola pemainnya. Pada petak engklek terdapat konsep matematika bangun datar, membilang, kesebangunan dan kekongruenan. Sedangkan konsep matematika peluang terdapat pada pola pemain engklek. Di mana konsep-konsep matematika tersebut memang tidak secara jelas diketahui oleh anak-anak. Maka diharapkan dengan permainan tradisional khususnya permainan engklek ini anak-anak dapat lebih memahami konsep matematika di kehidupan sehari-hari yang mungkin memang dianggap sulit oleh siswa.
Kata kunci : Etnomatematika, konsep matematika, permainan tradisional
Abstract
The application of mathematical concepts can be found in everyday life. Some mathematical concepts that are around us, namely the concept of flat shapes and geometric shapes (photo frames, ceramics, cupboards, windows), activities of measuring and weighing (length, width, height, area, load, capacity), buying and selling activities (counting money to pay and change, profit and loss, discounts) and many more. The purpose of this research is to analyze ethnomathematics in the traditional hopscotch game, to find out what mathematical concepts are contained in the traditional hopscotch game. This type of research is qualitative research with ethnographic research methods. Based on the results and discussion, it can be concluded that there is a mathematical concept in the traditional crank game. Mathematical concepts in hopscotch games include geometry (flat shapes), counting, probability, congruence and congruence. These mathematical concepts can be found in the shape of the hopscotch and the patterns of the players. In the hinge plots there are mathematical concepts of flat shape, counting, congruence and congruence. While the mathematical concept of opportunity is found in the hopscotch player pattern. Where these mathematical concepts are not clearly known by children. So it is hoped that with traditional games, especially hopscotch games, children can better understand mathematical concepts in everyday life which students may indeed find difficult.
Key Words : Ethnomathematics, mathematical concept, traditional gameFull Text:
PDFReferences
Angga, cucu suryana, ima nurwahidah, D. (2022) ‘Jurnal basicedu’, Jurnal basicedu, 6(4), pp. 5877–5889.
Available at:https://doi.org/10.31 004/basicedu.v5i4.1230.
Arista, L. O., Handayanto, A. and Damayanti, A. T. (2018) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Numbered-Head
Together Berbantu Media Permainan Tradisioanl Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN
Bendungan Semarang’, Jurnal Guru Kita (JGK), 2(3), pp. 47–56.
Harahap, N. S. and Jaelani, A. (2022) ‘Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek’, Paradikma:
Jurnal Pendidikan …, pp. 86–90. Available at: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/
view/35995%0Ahttps://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/viewFile/35995/18838.
Hidayat, R. (2022) ‘Analisis implementasi metode etnomatematika permainan engklek terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas III SD Negeri Angiang III’, YASIN: Jurnal Pendidikan Sosial Budaya, 2(3), pp. 316–
Available at: https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin.
Karina, C. D., U.S, S. and L.A, S. (2021) ‘Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Indonesia
Komunitas TGR (Traditional Games Return)’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), pp.
–1615. doi: 10.31004/cendekia.v5i2.674.
Mulyasari, D. W., Abdussakir, A. and Rosikhoh, D. (2021) ‘Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika
“Permainan Engklek†Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Tadris
Matematika, 4(1), pp. 1–14. doi: 10.21274/jtm.2021.4.1.1-14.
Ningsih, K., Nazihah, N. and Pramesti, P. (2022) ‘Penerapan Permainan Tradisional Engklek Dalam
Etnomatematika’, Prosiding Seminar …, 2, pp. 257–263. Available at: http://fkip-
unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/viewFile/1008/488.
Nurhanan, N., Nurpadhilah, D. and ... (2022) ‘Analisis Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional’,
Prosiding Seminar …, 2, pp. 425–432.
Surmiyanti, C., Mutia and Nurhaliza, S. (2021) ‘Etnomatematika dalam Budaya Berdompu pada Permainan
Tradisional Engklek di Kalimantan Barat’, Jurnal Wawasan dan Aksara, 1, pp. 47–57.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.