Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan ular tangga matematika dan respon siswa terhadap media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu model 4D yaitu Define (pendefinisian), Dessign (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini, peneliti membatasi hanya sampai pada tahap development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar dengan hasil akhir rata-rata validasi ahli media dan ahli materi mencapai tingkat kelayakan dengan persentase 89% dengan kategori sangat layak serta berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan peneliti dengan siswa kelas III SDN Jaha mencapai persentase 87,5% dengan kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R.D. and Ulfah, A., 2019. Pengembangan Media Permainan Lajur Bata (Langkah Juara Bangun Datar) Untuk Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), pp.1–12.
Seruni, S., Mulyatna, F. and Nurrahmah, A., 2019. Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), p.75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128.
Sari, R.K., Mudjiran, M., Fitria, Y. and Irsyad, I., 2021. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), pp.5593–5600. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735.
Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I.P., Arumningtyas, F., Siahaan, R.B. and Yasin, H., 2020. Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), pp.127–131. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2513.
Prasetyo, E. and Hardjono, N., 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp.1689–1699.
Aziz, L.A., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Media Pendidikan Matematika, 6(2), p.96. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1689.
Wahyu Wijayanti, N., 2021. Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 3(1), pp.59–64. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.218.
Nawafilah, N.Q. and Masruroh, M., 2020. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), p.37. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42.
Azzahra, R.F., Nugraha, E. and Mansur, 2021. Pengembangan Media Upinca ( Ular Pintar Ceria ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(02), pp.151–166.
Suparyanto dan Rosad (2015, 2020. Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Suparyanto dan Rosad (2015, 5(3), pp.248–253.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.