Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa STMIK Indonesia Banda Aceh

Rita Zahra, Cut Santika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi mahasiswa semester dua Prodi Manajemen Informatika STMIK Indonesia Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control grup desain. Populasi penelitian ini Seluruh mahasiswa STMIK Indonesia Banda Aceh. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian yaitu mahasiswa kelas A semester 2 Prodi Manajemen Informatika sebagai kelompok eksperimen dan mahasiswa kelas B semester 2 Prodi Manajemen Informatika sebagai kelas kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data keterampilan menulis karangan argumentasi dianalisis dengan uji-t polled varian. Rata- rata keterampilan menulis karangan argumentasi mahasiswa kelompok eksperimen¯ = 0,37 rata-rata keterampilan menulis karangan argumentasi mahasiswa kelompok kontrol = 0,21. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi kelompok mahasiswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan kelompok mahasiswa yang diperlakukan menggunakan pembelajaran konvensional pada mahasiswa semester dua Prodi Manajemen Informatika STMIK Indonesia Banda Aceh. Hal tersebut dibuktikan dengan hasilthitung = 6,225 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (34+32)-2 = 64 diperoleh ttabel= 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Siti Aminahdan Fatin Nadifa Tarigan. 2022. Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WHQuestions. https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/25085/11261

Simaullang, Suriadi. 2021 . Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf

Argumentasi.https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/133/127

Ni Nyoman Krismasari Dewi dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Pictureberbantuan Media Visual Terhadap

Keterampilanmenulis Bahasa Indonesia. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/22364/13979

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta.: Gramedia Pusaka Utama

Yahya, Andini Sasabila Istiqomatul dan Nani Solihati . 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap

Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Peserta Didik Sekolah Dasar. https://media.neliti.com/media/publications/445645-

none-418c869e.pdf

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Agung, A.A.Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: AdityaMedia Publishing.

Eliantari, Ni Putu Regina dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajarancooperative Integrated Reading And Composition

Berbantuan Circular Card Terhadap Keterampilan Menulis.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/24780/15133

Sudiarni, Ni Kadek dan Made Sumantri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap

Keterampilan Membaca Pemahaman. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/18087




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.