Pendidikan Karakter Berbasis Adat dan Budaya Minangkabau

Febri Yulika, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Adat dan Syara’ Sebagai Landasan Filosofis Pendidikan Karakter bagi peserta didik di Minangkabau. Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK) yang dapat dijadikan model dan pola penanaman nilai serta pembinaan karakter, yaitu â€Baso Basi, Raso Pareso, dan Adat Salingka Nagariâ€. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data terdiri dari 1) studi pustaka, observasi, wawancara. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis secara sistematis dengan metode straregi analisis kualitatif kedalam tulisan ilmiah. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan karakter bangsa hanya dapat dilakukan melalui pengembangan karakter individu seseorang. Akan tetapi, karena manusia hidup dalam ligkungan sosial dan budaya tertentu, maka pengembangan karakter individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan.


Full Text:

PDF

References


Afridinata, H & dkk (2018) Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Program Pendidikan Bernuansa Surau Dan Budaya Minangkabau. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Vol. 6, No. 1, pp 48-65

Fadilah, S (2020) Gejala Maksiat, Pendidikan Karakter dan Budaya Minangkabau. Jurnal Al-Qalb, Jilid 11, No 2, pp 1-19

Fimansyah, W (2020) Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Minangkabau Untuk Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Antropologi, Vol. 2, No. 2, pp 97- 104

Hajizar. (2011). Buku Standar Operasional Prosedur Pembinaan Karakter Mahasiswa ISI Padangpanjang, ISI Press

Ilmi, D (2015) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Ungkapan Bijak Minangkabau. Journal of Islamic & Social Studies Vol. 1, No.1, pp 45-54

Lainah & Sesmiarni, Z (2022) Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Madrasah. Journal On Teacher Education. Volume 4Nomor 1, pp 7-15

Meria, A (2017) Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VII Edisi 01, pp 59-70

Nafis, Anas. (1996). Peribahasa Minangkabau, Intermasa, Jakarta.

Navis, AA., 1986, Alam Terkembang Jadi Guru; Adat dan Kebudayaan Minangkabau, Cetakan kedua, Grafiti Press, Jakarta.

Rosmalah, (2021) Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol,5. No, 2. pp 232-236

Susilawati, T & dkk (2022) Implementasi Kebudayaan Daerah Lokal Minangkabau Di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Volume 6 Nomor 1, pp 120-124

Team PPK ABS-SBK, (2019) Buku Panduan PPK ABS-SBK Untuk SMA se-Sumatera Barat, Padang : Dinas Pendidikan Sumatera Barat

Yulika, Febri. (2011). Makna Pengetahuan dalam Filsafat Adat Minangkabau: Relevansinya dengan Musyawarah Adat, Disertasi Doktor, Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Yulita, R (2021) Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (PPK Berbasis ABS-SBK) Jurnal STIT Diniyah Putri, Vol. 08 No 2, pp 1-15

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta : Penerbit Kencana




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.